LEBAK – Sebanyak 486 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 28 kecamatan di Kabupaten Lebak menjalani tes tulis di hall Latansa Mashiro, Rangkasbitung, Selasa (24/10).

Komisioner KPU Lebak Ace Sumirsa Ali mengatakan, dari ratusan perserta tes calon PPK itu akan dipilih sepuluh orang untuk mengikuti tes tahap selanjutnya. “Kita akan periksa dari hasil tes tulis hari ini dan nantinya akan kita pilih jadi sepuluh besar,” kata Ace.

Tes tulis, lanjut Ace, berisi soal tentang tugas dan wewenang PPK, penelitian syarat dukungan pasangan calon perseorangan, teknis pemungutan suara, perhitungan perolehan suara, pengetahuan kewilayahan, hingga soal tentang hukum dan undang-undang tentang pemilu.

“Hasil tes tulis itu akan diperiksa oleh KPU dan dicari mana nilai tertinggi atau paling banyak benar. Hasil pemeriksaan kita akan umumkan pada 26 November besok,” kata mantan wartawan ini.

Setelah itu, lanjutnya, sepuluh besar terpilih akan dikerucutkan kembali menjadi lima orang melalui tes wawancara pada tahap ketiga seleksi menjadi anggota PPK. Tahap pertama seleksi dministrasi, kedua tes tulis, dan ketiga tes wawancara.
“Dari sepuluh besar itu, kita akan pilih lima orang anggota yang akan mewakili kecamatannya masing-masing,” ujarnya.

Ace menambahkan, tes tulis ini berjalan dengan lancar dan kondusif. Hanya ada kesulitan mencari gedung untuk melakukan tes tulis yang pesertanya mencapai 486 orang.

 
Sumber : Radar Banten