Nama Benyamin Sueb dikenal lewat film, musik dan berbagai kegiatan seni lain di Indonesia sejak ’60-an. Meninggal pada 1995, karya Benyamin tetap hidup hingga kini. Ia bahkan dianggap sebagai ikon Betawi.

Budaya Betawi yang melekat pada diri Bang Ben, sapaan karib Benyamin, menjadi kesulitan sutradara Hanung Bramantyo dalam menggarap film Benyaming Biang Kerok.

Reza Rahadian harus diarahkan Hanung agar ‘menjelma’ menjadi Bang Ben. Penonton, kata Hanung, akan menjadi pihak pertama yang mengadili akting Reza.

Hanung sadar bahwa Bang Ben tak ada duanya dari berbagai aspek. Dalam film, musik dan seni lain Bang Ben memiliki karakter tersendiri.

Kesulitannya justru bukan pada wajah, karena menurut Hanung sosok seseorang tak selalu harus diidentikkan dengan tampang. Reza mungkin tak mirip Benyamin, tapi ia bisa ‘menjelma’ lewat suara, gaya bicara, tertawa, bahkan gerak tubuh.Hanung yakin Reza sukses.

Apalagi Reza sudah mendalami sosok Benyamin. Ia sudah membaca naskah dan menonton film Benyamin selama sebulan belakangan untuk pendalaman karakter. Kurang lebih ada lima film Bang Ben yang ia tonton.

Menurut Reza, Bang Ben punya gaya dan gimmick berbeda dalam setiap film yang dibintangi. Bukan hanya gaya tertawa. Nyengirnya saja sudah menjadi sesuatu yang khas.

Soal logat Betawi, Reza mengaku sudah biasa. Ia yang tinggal di kawasan Cinere, Depok, selama 17 tahun terbiasa mendengar orang berbincang dengan logat Betawi.

Benyamin Biang Kerok akan menjadi film pertama Reza di mana ia harus bernyanyi dan menari. Semua adegan itu dilakukan sendiri oleh Reza tanpa pemeran pengganti.

Prosuder Benyamin Biang Kerok, Frederica mengatakan film tersebut akan dibagi menjadi dua bagian. Penyelesaiannya kini sudah sampai 99 persen.

Film bagian pertama akan dirilis pada Maret mendatang sebagai hadiah ulang tahun. Kebetulan, kata Frederica, Reza dan Bang Ben sama-sama lahir di bulan Maret.

Hanung berharap film ini dapat memenuhi ekspektasi penggemar Bang Ben. Ia ingin penonton merasa Bang Ben hidup lagi setelah melihat film tersebut.

Sumber : CNN Indonesia