Lebak, multatulifm ,- Ribuan kafilah dari 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak banjiri Kecamatan Sajira dalam pawai Ta’aruf MTQ ke 36 tingkat Kabupaten tahun 2017. Pawai defile kafilah perkecamatan ini dihadiri Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama Wakil Bupati Ade Sumardi, ini terlihat sejak pukul 09.00wib dipanggung kehormatan menyaksikan defile kafilah dari 28 kecamatan yang turut menjadi peserta pada kegiatan MTQ ke 36,di Kecamatan Sajira.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan sangat mengapresiasi kepada warga Sajira yang menjadi tuan rumah dan khususnya masyarakat Kabupaten Lebak yang sudah menyambut pawai ta’aruf dengan suka cita.

“Terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Sajira yang sudah menjadi tuan rumah khususnya masyarakat Kabupaten Lebak yang menyambut pawai ta,aruf ini dengan begitu meriah dan suka cita, ini menandakan bahwa masyarakat Lebak semakin guyub, solid terutama kita ingin bersama bercita-cita membumikan Al-Quran dan memberikan pendidikan kepada anak-anak generasi muda tentang pendidikan berkarakter dimulai dengan mempelajari Al-Quran,”kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya ditemui harian umum Warta Banten usai acara pawai ta,aruf di Kecamatan Sajira, Senin (20/11).

Menurut Iti, berdasarkan survey sebanyak 87 persen LPTQ di Banten bisa membaca Al-Quran namun hanya 27 persen yang fasih dan lancar dalam membaca Al -Quran.

“Artinya di Lebak kita punya gerakan magrib mengaji yang terus kita sosialisasikan juga dicanangkan dan dimplementasikan kepada masyarakat dan itu inti dari kegiatan ini,”pungkasnya.

Pantauan dilapangan, Pawai Ta,aruf yang starnya di SDN 2 Sajira ini, menempuh jarak sejauh 2.5 km kelokasi panggung kehormatan Bupati Lebak di kawasan Alun alun kecamatan saji ra, kemacetan pun tak bisa dihindari bagi para peserta pawai ta,aruf ,terlihat dari mulai masuk simpang tiga sajira menuju SMP 1 Sajira, Sehingga kafilah harus rela berjalan kaki sejauh 4 km.

Antusias warga tuan rumah kecamatan sajira pun tumpah ruah turun ke jalan untuk melihat pawai defile dari masing-masing kecamatan. Sedangkan untuk malam harinya akan diadakan kegiatan peresmian pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 36 tingkat Kabupaten Lebak Tahun 2017 di Kecamatan Sajira oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.(adit)