Salah satu alasan kenapa orang betah pake smartphone Android itu karena banyak pilihan aplikasi di Google Play Store. Karena seru, beberapa aplikasi di smartphone ini sukses bikin kecanduan dan bikin gak mau berhenti menggunakannya.

Namun, tidak semua aplikasi Android ini memudahkan loh. Ada aplikasi bikin lemot dan boros baterai, yang ketika dipakai malah memberikan efek menyusahkan karena membuat baterai smartphone cepat habis dan performanya jadi lemot.

1. INSTAGRAM.
Instagram merupakan aplikasi media sosial yang memiliki banyak peggunanya. Instagram menampilkan fitur untuk membagikan kegiatan kamu melalui foto ataupun video. Aplikasi ini memiliki timeline yang selalu aktif sehingga akan membuat baterai smartphone kamu menjadi boros. Jika ingin lebih hemat baterai, kamu dapat menggunakan Instagram dengan versi web.

2. Facebook.
Sama seperti Instagram, Facebook juga merupakan aplikasi media sosial yang memiliki banyak penggemar. Notifikasi yang masuk akan membuat baterai smartphone kamu jadi lebih boros. Selain itu, ketika orang melakukan update di beranda, maka aplikasi Facebook kamu akan tetap berjalan, sehingga kuota kamu akan terus terkuras dan juga dapat membuat baterai kamu boros tentunya.

3. BBM.
Aplikasi chatting ini akan selalu aktif meskipun kamu tidak membukanya. Hal tersebut akan membuat baterai smartphone kamu lebih cepat boros, jelas hal ini dapat merugikan kamu. Namun, aplikasi ini sudah banyak ditinggalkan oleh sebagian orang karena kurang menarik, kebanyakan orang lebih memilih aplikasi chatting lain seperti Line dan WhatsApp.

4. Google Maps.
Google Maps memang sangat berguna untuk dapat membantu kamu menentukan jalan yang dituju, terlebih bagi yang tidak tahu jalan. Akan tetapi, di samping kegunaannya yang sangat penting bagi sebagian orang, aplikasi ini dapat membuat baterai kamu cepat habis karena menggunakan sinyal GPS online. Jadi, jika tidak memakai Google Maps, sebaiknya matikan sinyal GPS ya guys, agar baterai kamu lebih hemat.

5. Clean Master.
Aplikasi pembersih ini sangat berguna untuk smartphone karena dapat membersihkan sampah-sampah yang ada di memori smartphone kamu. Akan tetapi, aplikasi ini akan lebih cepat membuat baterai kamu boros karena Clean Master akan berjalan secara terus-menerus secara diam-diam dan memantau aktivitas smartphone kamu.