Lebak – Kodim 0603 Lebak menggelar Upacara Pembukaan TMMD ke 101 Tahun 2018 di lapangan Desa Keramat Jaya, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, dengan tema “TNI Manunggal Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa” dan selaku Inspektur upacara Pjs Bupati Lebak Ino S Rawita, Rabu 4 April 2018.

Tanda dibukanya TMMD ke 101 Tahun 2018, Pjs Bupati Lebak Ino S Rawita secara simbolis menyerahkan bahan serta alat peralatan kerja dan mendatangani dibukanya kegiatan TMMD di Kecamatan Gunung Kencana, dilanjutkan secara simbolis pula memberikan seperangkat alat- alat olah raga bagi masyarakat di desa Keramat Jaya.

Dalam sambutannya Pjs Bupati Lebak Ino S Rawita mengatakan bahwa program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI-Polri dan perangkat daerah serta segenap lapisan masyarakat, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun kesatuan dan persatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia.

“Kegiatan TMMD merupakan kegiatan yang penuh kebersamaan dan gotong royong dan hal yang ditorehkan selama kegiatan TMMD yang semuanya penuh dengan kebaikan dan membahagiakan bagi kita semuanya, hal tersebut tentunya sejalan dengan TMMD yaitu sebagai upaya TNI dalam membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,”kata Pjs Bupati Lebak Ino S Rawita.

Sementara itu Danrem 064 Maulan Yusuf Serang Kolonel CZI Budi Hariswanto mengatakan TMMD merupakan program TNI dari pusat tujuannya untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka akselarasi pembangunan, mempercepat pembangunan yang disingkronkan dengan program-program pemda setempat.

“Program pemda yang mesti dibantu terutama khususnya lebih diupayakan daerah-daerah yang relatif sulit dijangkau, kemudian program yang dilaksanakan pada TMMD ini, adalah pembangunan jalan yaitu membuka jalan baru sepanjang 5,4 km, melintas diwilayah hutan di harapkan bisa membuka daerah yang terisolir, di kampung ciserep yang selama ini terbatas oleh pejalan kaki dan diharapkan kendaraan bisa masuk ke wilayah tersebut, Dengan lebar badan jalan seluas 8 meter, untuk sementara ini diawali dengan selebar 3 meter yang nanti akan di perkeras sepanjang 5,4 km dengan dilengkapi kanan dan kiri drainase, sehingga diharapkan sangat membantu akses bagi masyarakat disekitarnya,”ujar Budi Hariswanto ditemui wartawan usai upacara pembukaan TMMD ke 101.

“Untuk personil dalam kegiatan TMMD ke 101 ini melibatkan TNI AL, TNI AD, 320 dan Kodim, Polri, masyarakat, ormas serta lainnya, dengan total personil keseluruhan yaitu sebanyak 150 orang. Kegiatan berlangsung selam satu bulan dan akan ditutup pada tanggal 3 mei 2018,”pungkasnya.

Sementara Dandim 0603 Lebak Arh Syafa Susanto menambahkan untuk kegiatan TMMD ke 101 dilaksanakan di dua desa yaitu Desa Cimanganray dengan Desa Parakan Lima menghubungkan jalan di dua desa tersebut, saat ini sudah dilaksanakan pra TMMD sampai dengan ke tengah untuk sisanya tinggal pengerasan jalan, dengan harapan kegiatan TMMD ini, TNI-Polri bisa membangun manunggal bersama dengan rakyat.(Adit)