LEBAK, – Program TMMD ke 101 Kodim 0603/Lebak yang telah di buka sejak Rabu 4 April 2018 lalu, selain fokus pada pembangunan jalan sepanjang 5,4 kilometer, juga membangun 3 (tiga) unit rumah tidak layak huni (RTLH) yang berlokasi di Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak, Rabu (11/4/2018).

Kegiatan TMMD tersebut setidaknya 165 orang Personil gabungan TNI, di bantu Polri dan masyarakat terlihat bahu membahu bergotong royong mengerjakan pengerasan jalan, sebagian mengerjakan perehaban RTLH milik warga dan finishing Pos Kamling di Kampung Citeureup yang hampir selesai di kerjakan.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat yang begitu antusias untuk membuka jalan yang menghubungkan dua Kecamatan yaitu, Kecamatan GunungKencana dengan Kecamatan Cirinten. Dengan tujuan untuk membuka akses pembangunan infrastuktur, sehingga masyarakat dipedesaan tersebut tidak terisolir lagi.

Selain sasaran pokok pembukaan dan pengerasan jalan, kegiatan TMMD merehab Rumah Warga yang tidak layak huni bagi masyarakat kurang mampu. Saat ini, di hari ke-8 (Rabu 11 April 2018,-red) sudah ada dua unit rumah yang telah di rehab.

Ebah, salah satu warga Kampung Citeureup RT 02/RW 01, Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana meyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak Kodim 0603/ Lebak kuhususnya, dan pemerintah daerah karena sudah memberikan bantuan untuk merehab rumahnya.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak-bapak tentara dari Kodim, Bapak Polisi serta Bupati yang sudah merehab rumah saya, saya merasa senang dengan bantuan ini, karena selama ini rumah sudah tidak layak, sekarang saya sudah bisa berteduh, beristirahat dan bekerja tanpa khawatir rumah saya roboh maupun bocor,” kata Ebah janda tua 60 tahun itu kepada wartawan, Rabu (11/4).

Dilain tempat terlihat anggota TNI gabungan di bantu Polri dan masyarakat sedang mengerjakan perehaban rumah milik ibu Amah 75 tahun, alamat Kampung Citeureup, Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana.

Personel gabungan TNI yang terdiri dari Kodim 0603/Lbk, Balakrem 064/MY, Yonif 320/BP dan Lanal Banten di bantu Polri beserta masyarakat diturunkan untuk mengerjakan pembangun fisik maupun non fisik dengan target selama 30 hari.

Sementara itu Dandim 0603/Lbk Letkol Arh Syafa Susanto selaku Dan Satgas TMMD mengatakan, kegiatan TMMD sudah memasuki hari ke-8 (delapan). Menurutnya, progres keseluruhan baik fisik maupun non fisik sudah mencapai 54 persen.

“Alhamdulilah semua berjalan lancar, target hari ini melanjutkan pengerasan jalan yang sudah mencapai 67,5 persen. Sementara untuk pembangunan pos kamling di Kampung Citeureup sudah rampung 100 persen. Serta rehab 3 unit rumah RTLH milik warga sudah berjalan 2 unit,” pungkasnya.(adit)