LEBAK,- Sebanyak 50 warga Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak mendapat penyuluhan tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sosialisasi Bumdes bagian dari kegiatan Tim TMMD ke 101 Kodim 0603 Lebak selain melakukan kegiatan fisik pembangunan jalan sepanjang 5,4 kilometer, Rabu (18/4/2018).

Materi tentang BUMDes disampaikan oleh Bapak Nuryatna Permana dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Selain itu warga pun mendapat penyuluhan tentang Pemberdayaan UKM oleh Drs. Oman Irawan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak serta pelayanan dokumen dan data Catatan sipil yaitu perekaman e-KTP dari Disduk Catpil oleh Moch. Ilyas S.Sos.

Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Syafa’ Susanto mengatakan, kegiatan sosialisasi dan penyuluhan merupakan salah satu program kegiatan non fisik dalam rangkaian TMMD.

“Potensi di Desa Cimanyangray begitu banyak untuk dikembangkan dalam kewirausahaan di masyarakat, itu adalah aset yang mampu menggerakan pembangunan desa melalui BUMDes yang ada disini,”kata Dandim 0603 Lebak.

Menurutnya, dalam kegiatan TMMD, tidak hanya kegiatan fisik, seperti membangun jalan, tapi juga ada kegiatan non fisik berupa penyuluhan atau sosialisasi.

“Untuk memajukan sebuah desa itu tidak hanya melalui pembangunan fisik semata, tapi juga melalui pembangunan manusianya. Dengan begitu akan meeubah pola pikir masyarakat, sehingga dapat mempercepat kemajuan di desanya,”ujar Syafa Susanto.

Lebih lanjut dikatakan Syafa Susanto, Untuk kegiatan pembangunan fisik, memasuki H+14 pada kegiatan TMMD yaitu melanjutkan pengerasan jalan dengan batu belah. Untuk sasaran tambahan rehab 3 unit RTLH, rehab Mushola sudah 100 persen, dan melanjutkan rehab Mesjid Nurul Huda yaitu pembuatan Turap pagar dan rehab MCK.

“Alhamdulilah semua berjalan lancar, berkat bantuan masyarakat, TNI, Polres, serta dari Pemerintah Daerah Lebak. Progres keseluruhan kegiatan TMMD Kodim 0603 Lebak sudah mencapai 79 persen,”Pungkasnya. (adit).