Jakarta, Pjs Bupati Lebak H. Ino S Rawita mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas. di Puri Agung Ballroom, Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Senin (30/4/2018).

Acara yang dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pemutaran video mengenai Musrenbangnas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018. Sementara itu Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 akan fokus pada pemanfaatan seluruh sumber daya, baik pemerintah, swasta, dan perbankan untuk mengejar sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Pjs Bupati Lebak mengatakan, keselarasan pembangunan antara pusat, daerah dan lembaga perlu ditingkatkan karena sekarang sudah menggunanakan system online.

“Hari ini kita berpacu dengan waktu, semua harus cepat, karena semua telah berbasis teknologi,” Ungkap Pjs Bupati Lebak.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam pidato pembuka Musrenbangnas RKP 2019 menjelaskan, bahwa melanjutkan tahun sebelumnya, kebijakan penyusunan RKP 2019 yang mengusung tema Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas.

“RKP 2019 juga memperhatikan perkuatan perencanaan berbasis kewilayahan yang dilakukan dengan penyusunan proyek prioritas hingga detail rencana lokasi pembangunan, serta penajaman integrasi sumber pendanaan,” Jelas Bambang

Dalam acara tersebut Sebanyak sembilan daerah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia berhasil mendapatkan predikat juara, karena keberhasilannya merealisasikan perencanaan pembangunan ekonomi di daerahnya masing-masing.

Predikat juara tersebut diberikan kepada sembilan daerah yang terdiri dari tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik, dan tiga kota terbaik. Penghargaan ini, diberikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Berikut daftar daerah-daerah yang mendapatkan predikat juara di 2018 :
Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Provinsi
– Provinsi Jawa Timur
– Provinsi Sumatera Selatan
– Provinsi Bali

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Kabupaten
– Kabupaten Tegal
– Kabupaten Lombok Utara
– Kabupaten Banyuwangi

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Kota
– Kota Palu
– Kota Palembang
– Kota Surakarta

Musrenbangnas RKP 2019 dibuka langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dihadiri para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, para Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, para Gubernur, para Bupati/Walikota, serta para pemangku kepentingan pembangunan lainnya.(Humas)