Lebak,- Pjs Bupati Lebak H. Ino S Rawita menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional di Alun-Alun Kota Rangkasbitung, Lebak Banten, Rabu (2/5).

Dalam amanatnya, Pjs Bupati Lebak mengatakan tanggal 2 merupakan hari yang sangat penting, penuh dengan makna, inspirasi, dan motivasi dalam memajukan peradaban nasional melalui pengembangan sumber daya manusia terlebih dari segi pendidikan yang tinggi dimana memegang peranan kunci karena di dalam pendidikan yang tinggi terdapat terdapat keharusan melakukan riset untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan manusia Indonesia dan dunia.

“Kita menyaksikan negara-negara di dunia berupaya keras dalam memajukan pendidikan tingginya, tidak hanya dalam sistem pembelajaran, namun juga dalam lingkup riset, teknologi dan inovasi” Ujar Pjs Bupati Lebak.

Pjs Bupati Lebak juga menjelaskan bahwa terbentuknya Negara Republik Indonesia dilatar belakangi oleh perjuangan seluruh bangsa dengan bangkitnya rasa nasionalisme yang ditandai dengan momentum pergerakan nasional yang merupakan momentum perubahan dari perjuangan yang tidak teroganisir menjadi teroganisir, dari perjuangan yang tidak terencana menjadi terencana, dari perjuangan yang sifatnya kedaerahan menjadi perjuangan yang bersifat nasional dan dari bangsa yang tidak berparlemen menjadi bangsa yang berpalemen.

“Kebangkitan bangsa adalah tonggak sejarah bangsa indonesia yang harus dipelajari dipahami yang selanjutnya dijadikan inspirasi dalam perjalanan bangsa untuk mewujudkan cita-cita hidup berbangsa yang aman, damai, adil, makmur dan sentosa” Pungkas Pjs Bupati Lebak.

Acara Upacara dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional diikuti ratusan peserta upcara yang terdiri dari Unsur Forkopimda, OPd, Tni, Polri, Aparatur Sipil Negara dan pelajar.

Satu abad lebih sudah bangsa ini dalam kebangkitan. Sebuah usia yang tidak lagi muda serta perjalanan panjang Bangsa Indonesia untuk terus menjadi sebuah negara yang benar-benar merdeka baik secara moral dan spiritual.

Kebangkitan Nasional yang diperingatan berbagai ritual ini bukan hanya ritual kosong tanpa arti, akrena dalam setia peringatan tentunya mengandung nilai-nilai afektif dan edukatif yang dapat dijadikan teladan untuk generasi masa kini dan yang akan datang.(Humas)