Pesta Olahraga Asia 2018, secara resmi dikenal sebagai Pesta Olahraga Asia ke-18, adalah acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade

Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962. Sebagian fasilitas yang dibangun untuk Asian Games IV akan kembali digunakan dalam Asian Games XVIII ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games akan diadakan di dua kota sekaligus.[10]

Indonesia disetujui menjadi tuan rumah Asian Games XVIII oleh Dewan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia pada 19 September 2014. Penyelenggaraan Asian Games XVIII yang awalnya akan diadakan pada tahun 2019 kemudian dimajukan menjadi tahun 2018 untuk menghindari pemilihan legislatif dan pemilihan presiden Indonesia yang juga akan diselenggarakan pada tahun tersebut.

Cabang olahraga yang diperlombakan:
– Akuatik
– Anggar
– Angkat Besi
– Atletik
– Balap Sepeda
– Basket
– Berkuda
– Berlayar
– Bisbol dan Sofbol
– Bola Tangan
– Bola Voli
– Bowling
– Bridge
– Bulu Tangkis
– Dayung
– Golf
– Gulat
– Hoki
– Jet Ski
– Judo
– Kabaddi
– Kano/Kayak
– Karate
– Martial Arts
– Menembak
– Modern Pentathlon
– Panahan
– Panjat Tebing
– Paralayang
– Roller Sport
– Rugbi – 7
– Senam
– Sepak Bola
– Sepak Takraw
– Skuas
– Taekwondo
– Tenis
– Tenis Meja
– Tinju
– Triathlon

Dengan nilai keberagaman dan kesatuan NKRI, Asian Games 2018 memperkenalkan 3 maskot dengan energi berbeda, merepresentasikan energi yang terdapat pada Asian Games. Berikut adalah nama pada maskot Asian Games 2018:
1. BHIN BHIN
Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.
2. ATUNG
Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.
3. KAKA
Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.