Bayah,- Sebanyak 300 perserta dari Puluhan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang tersebar di Wilayah Banten, mengikuti Kemah Api Literasi yang diselenggarakan Dinas Arsip dan Perpusatakaan Kabupaten Lebak, di Lapangan Merdeka, Bayah, Lebak, Banten (28/7).

Kegiatan Kemah Api Literasi tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Literasi bukan hanya sekedar kemampuan untuk membaca dan menulis namun, menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dapat membuat seseorang memiliki kemampuan berfikir kritis, mampu memecahkan masalah dalam berbagai konteks, mampu berkomunikasi secara efektif dan mampu mengembangkan potensi dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat.

“Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, sebab banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca. Jika kita hubungkan dengan pendidikan budi pekerti, manfaat yang memiliki keterkaitan dengan budi pekerti adalah dapat meningkatkan hubungan sosial, dapat meningkatkan empati seseorang, dan membantu kita berhubungan dengan dunia luar,”kata Wabup Lebak H.Ade Sumardi.

H.Ade Sumardi menambahkan bahwa dari manfaat membaca terhadap dunia tulis menulis, seorang penulis yang gemar membaca akan memudahkan baginya menulis berbagai macam tulisan, karena memiliki pengetahuan yang luas serta perbendaharaan kata yang banyak.

“Dengan menulis kita dapat memberikan pengetahuan kepada pembaca, memperluas pengetahuan dan pertemanan, melatih komunikasi, dan memberikan penghasilan tambahan,”ungkapnya.

Selain itu menurut Wabup Lebak, “Kegiatan seperti ini bagus karena mendukung salah satu program Pemkab Lebak yakni program Lebak Pintar, dengan meningkatnya kesadaran dan minat baca masyarakat berarti juga mendukung keberhasilan program Gerakan Indonesia Membaca yang dicanangkan pemerintah,”pungkasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Arsip dan Perpusatakaan Kabupaten Lebak, H. Asep Komar, mengatakan Kemah Api Literasi merupakan pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Bayah, untuk selanjutnya akan dilaksanakan tiap tahun diwilayah yang berbeda.

“Kegiatan ini mendapatkan ansusias masyarakat, sehingga kami menganggap ini sebagai kegiatan positif yang harus dilakukan secara berkelanjutan,”ujarnya.

Untuk diketahui, Kemah APi Literasi yang dilaksanakan sejak tanggal 27 – 30 Juli 2018 diikuti oleh sekitar 300 perserta dari Puluhan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang tersebar di Wilayah Banten, mendapat perhatian tinggi dari warga setempat dengan menyerbu lokasi kegiatan dengan antusias membaca ribuan buku yang disediakan penyelenggara.(adit)