LEBAK~ Berdasarkan surat Keputusan Bupati Lebak Nomor : 060/KEP. 530-ORG/2018 Tentang Penetapan Hari dan Jam Kerja Bagi Pegawai Pemerintahan Kabupaten Lebak, bahwa setiap hari jumat jam kerja yang sebelumnya ditetapkan pukul 7.30 WIB sampai 16.30 WIB sekarang berubah menjadi 7.00 WIB sampai 16.00 WIB dengan waktu istirahat 11.30-13.00 WIB. Hal tersebut disampaikan ASDA I (Asisten Pemerintahan) Kabupaten Lebak Alkadri, usai mengikuti Kegiatan senam pagi yang dilaksanakan di Alun-alun Rangkasbitung, Jumat (5/10/2018).

Menurut Alkadri, Jam kerja yang lebih awal itu dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan senam dan pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran yang dibantu langsung oleh Dinas Kesehatan. Hal tersebut merupakan hasil dari evaluasi yang menunjukan banyaknya PNS yang dianggap kurang sehat dan kurang bugar serta terserang penyakit seperti Kolesterol, darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya sehingga pemerintah daerah melalui surat Keputusan Bupati memanfaatkan waktu yang lebih awal ini untuk olahraga yakni senam pagi

“Setiap hari jumat kami melaksankan senam pagi yang merupakan upaya pencegahan dari berbagai penyakit karena banyaknya PNS yang dinilai kurang sehat dan bugar” ungkapnya.

Alkadri mengatakan bahwa melalui kegiatan rutin ini diharapkan seluruh komponen pegawai khususnya yang berada di Lingkungan Setda Lebak tetap sehat sehingga dapat melaksanakan tugas dengan optimal.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Lebak, Eka Prasetiawan meyakini bahwa terdapat sumbangan yang sangat besar dari olah raga senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Menurutnya, Ini bisa terjadi karena kegiatan senam menyediakan begitu banyak pengalaman dimana orang mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantunya membentuk konsep yang posisitf.

Eka mengatakan, Upaya peningkatan kesehatan dapat dilakukan oleh setiap orang melalui kegiatan sederhana dan murah. Disamping pengaturan pola makan, penggunaan olahraga merupakan usaha sederhana dan murah untuk meningkatkan kesehatan, asalkan disertai pengetahuan dan pengertian tentang kesehatan olahraga yang benar, sehingga dapat terhindar dari gangguan kesehatan yang dapat melemahkan ketahanan Sumber Daya Manusia khususnya di Lingkungan Setda Lebak.

“Tubuh sehat itu merupakan senjata ampuh yang dapat membuat pikiran positif sehingga melihat pekerjaan pun lebih positif. Itu diharapkan membantu meningkatkan performa dan meningkatkan prestasi kerja PNS” Pungkasnya