SINERGITAS PEMERINTAH DALAM MEMBERANTAS ISU HOAX

Written by on 20/03/2019

Serang – Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Benten menggelar Rapat koordinasi Kebijakan Bidang Kominfo. Pada acara tersebut dibuka secara lansung oleh kepala biro bina sarana infrastruktur yang di wakili oleh kepala bagian bina sarana infrastruktur setda Provinsi Banten.

Rakor tersebut bertujuan untuk merumuskan kebijakan Kominfo, Statistik dan Persandian di Daerah Provinsi Banten guna terciptanya pemberitaan yang positif, kuat dan dapat di pertanggungjawabkan. Maka dengan di gelarnya rakor bidang kominfo agar Pemerintah Provinsi, Kabupaten / Kota dapat Bersinergi dalam rangka pemberantasan isu HOAX serta dapat membangun berita yang berkualitas sehingga masyarakat mempunyai kepercayaan terhadap pemberitaan yang muncul pada media sosial.

Di era digital ini masyarakat dengan mudahnya mengakses dan menshare berita baik melalui website maupun media sosial yang saat ini menjadi tranding topic begitu mudahnya berita hoax tersebar, serta melalui perkembangan media sosial yang menjadi sumber tersebarnya berita – berita serta isu hoax.

Kepala Bidang Persandian Statistik dan Layanan Pengadaan Dwi Yudo Susanto,SE.,MM.,Si. mengatakan bahwa Pemerintah harus melakukan kolaborasi dalam megatasi hoax serta menjaga kualitas informasi bersama komunitas siber kreasi dan kementerian lembaga membangun portal agregasi.

Selain itu M. Taufik Hidayat, dari kemeterian komunikasi dan informatika selaku narasumber menyampaikan juga bahwa hingga saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika terus melakukan pengawasan terhadap media social maupun website yang menyebarkan isu hoax, apalagi ditahun politik saat ini bahwa begitu ramainya perbincangan serta peperangan status pada media sosial, tentunya ini akan kami lakukan pengawasan melalui mesi AIS yang di tangani tiga shif kerja serta satu tim kami khusunya untuk menangani HOAX. Sehingga dengan melakukan pengawasan melalui AIS ini lah Tim Khusus Penanganan HOAX hanya membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit untuk mendeteksi berita HOAX yang ada di berbagai media sosial maupun Website dan akan dilakukan Pemblokiran. (ujar-Nya) (iam)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Live Streaming Server 1

LPPL Radio Multatuli FM

Current track
TITLE
ARTIST