Resmikan Kampung Literasi TBM Kuli Maca, Pemkab Ajarkan Anak ‘Bersahabat’ Dengan Buku

Written by on 03/07/2019

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak meresmikan Kampung Literasi Taman Bacaan Masyarakat atau TBM Kuli Maca di Desa Warungbanten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Sabtu, 29 Juni 2019.

Peresmian yang dilaskanakan di rumah adat Kaolotan Cibadak itu langsung dihadiri tim dari Dirjen Paud Dan Dikmas Kemendikbud RI serta berbagai penggiat literasi dari provinsi Banten dan 24 penggiat literasi dari 24 provinsi yang tengah mengikuti program residensi pegiat literasi se Indonesia di Kabupaten Lebak.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, Asep Komar Hidayat mengatakan peresmian kampung literasi ini salah satu bentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca. Juga cara pemerintah daerah mengajarkan anak untuk bersahabat dengan buku sejak usia dini.

Terlebih, sambung Asep, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya telah memberikan instruksi tentang Penyediaan Fasilitas Perpustakaan dan Sudut Baca pada Kantor Perangkat Daerah, Ruang-ruang Publik dan Lembaga-lembaga Pelayanan Masyarakat.

“Saya berharap kedepan dapat melihat anak-anak masyarakat kampung literasi ini sudah tidak lagi disibukan dengan gadget, tetapi mereka sibuk dengan membaca buku,”kata Asep dalam siaran pers yang diterima BantenHits, Minggu, 30 Juni 2019.

Menurutnya, penerapan intruksi bupati merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan minat baca melalui Gerakan Lebak Cerdas dengan Membaca (GLCM) sebagai implementasi dari Program Lebak Cerdas.
“Melalui gemar membaca, diharapkan generasi muda anak-anak kita kedepan lebih baik dari generasi sebelumnya,”imbuhnya.

Sementara Dr. Untung, Kasi Budaya Baca Subdirektorat Keaksaraan Dan Budaya Baca Direktorat Bindiktara Dirjen Paud
Dan Dikmas Kemendikbud RI berharap dengan peresmian kampung literasi di kampung Cibadak Warungbanten ini mampu menghidupkan 6 literasi dasar.

“Kampung literasi ini akan menjadi cikal bakal majunya literasi, majunya masyarakat cibadak dan majunya Kabupaten Lebak,”harapnya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Live Streaming Server 1

LPPL Radio Multatuli FM

Current track
TITLE
ARTIST