Jurus Ampuh Kembalikan Motivasi Kuliah

Written by on 19/07/2019

Sahabat Multatuli Kebayang nggak sih kalau teman-temanmu di kampus sudah pakai toga tapi kamu masih pusing dengan dunia perkuliahan. Padahal masuk kampusnya bareng tapi kok bisa ya mereka lulus duluan?.  Coba pikirkan, mungkin ada yang salah sama motivasi kamu saat kuliah.

Dalam mengerjakan sesuatu, pasti dibutuhkan motivasi. Apalagi di dunia kuliah. Tugas yang menumpuk, plus skripsi, yang membuat kamu harus kejar dosen pembimbing. Hal itu tentu bikin kamu semakin putus asa.

Agar hal buruk itu nggak terjadi, mari simak beberapa cara untuk kembalikan motivasi bagi kamu yang masih kuliah.

1. Hargai Pencapaian Diri

Terkadang kita terlalu meremehkan diri kita sendiri dan malah membuat percaya diri kita semakin terpuruk. Menurut ilmu psikologi, ada istilah pikiran alam bawah sadar. Kalau kamu belum bisa menghargai diri sendiri, selama itu pula akan membentuk alam bawah sadar yang membuat kamu semakin terpuruk. Oleh sebab itu, mulailah hargai yang telah kamu capai. Jangan muluk-muluk, mulailah dari hal-hal yang kecil!

2. Cari Tempat Berlibur

Kalau kamu selalu berada di kampus dan mulai jenuh dengan lingkungan sekitar, tandanya kamu perlu waktu untuk berlibur. Sekali-kali keluar lah sejenak, manjakan pandangan kamu dengan ‘dunia baru’, yang perlu kamu alami.

3. Bersyukurlah

Yang kamu rasakan dalam dunia kuliah saat ini, belum tentu dirasakan pula oleh orang lain seusiamu. Lihatlah orang lain di sekitarmu yang ingin sekali berkuliah tapi tidak mampu karena keterbatasan biaya dan waktu. Pikir kembali lebih dalam bahwa kamu termasuk orang yang beruntung. Bersyukurlah dengan lebih giat dalam menghadapi perkulihan, usaha tak akan mengkhianati hasil ya.

4. Jangan Suka Menunda

Masalah sudah pasti akan datang dalam hidupmu. Salah satunya tugas yang menumpuk. Semakin kamu menunda masalah kecil, maka nantinya kamu harus siap menerima masalah yang lebih besar. Jangan jadikan menunda tugas sebagai kebiasaan. Buat kamu yang sering dapet tugas dari dosen, buruan deh kerjain!

5. Ingat Cita-Cita dan Orangtua

Pikirkan kembali yang telah kamu cita-citakan selama ini. Apalagi orangtua kamu di rumah sudah pasti menaruh harapan besar terhadapmu untuk jadi orang sukses. Mereka telah mengorbankan segalanya agar kamu bisa berkuliah. Jika kamu sukses kelak, orangtua kamu akan menjadi orang pertama yang bangga pada pencapaian itu.

So, what are you waiting for?

Sumber : Linikini


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Live Streaming Server 1

LPPL Radio Multatuli FM

Current track
TITLE
ARTIST