Producer VS Broadcaster VS Scriptwriter VS Repoter (Part 1)

Written by on 19/07/2019

Sahabat Multatuli, apa yang anda tahu peran seorang Produser dalam dunia radio?

Produser bertanggung jawab dalam menyajikan sebuah show atau acara radio untuk pendengar.  Peran produser dalam kesuksesan sebuah acara cukup besar.  Tanggung jawabnya meliputi:

  1. Memastikan tersedianya materi siaran, mulai dari rundown acara, rencana acara, lagu, hingga berbagai kelengkapan siaran seperti gimmick acara.
  2. Melakukan briefing kepada semua peserta show, mulai dari penyiar, tamu, hingga operator.
  3. Eksekusi acara sesuai rencana.  Termasuk di dalamnya adalah memantau flow acara, sekaligus mengarahkan apa yang harus dilakukan oleh para pengisi atau pendukung acara.
  4. Melakukan evaluasi terhadap acara yang telah selesai dieksekusi, untuk perbaikan di kesempatan berikutnya.

Sementara Penyiar merupakan ujung tombak dari sebuah radio. Semua yang disampaikan seorang penyiar menjadi representasi dari radio itu sendiri. Ini disebabkan karena penyiar mempunyai peran sebagai penghibur, pemberi informasi, bahkan sahabat yang memiliki pengetahuan luas.

Seorang penyiar harus memiliki kualitas vokal yang memadai. Mutlak bagi seorang penyiar untuk dapat menampilkan suara yang ‘menyenangkan’. Suara yang menyenangkan dapat dimiliki dengan menguasai teknik announcing skill, seperti artikulasi, intonasi, dan aksentuasi.

Selain musikalitas yang baik, seorang penyiar juga dituntut untuk memiliki wawasan yang luas. Hal ini menjadi penting karena penyiar harus berkomunikasi dengan pendengar melalui rangkaian informasi yang disampaikan.

Terakhir, seorang penyiar juga diharapkan memiliki air personality atau kepribadian yang menyenangkan. Kepribadian ini lah yang nantinya akan menjadi daya jual dan membedakan seorang penyiar dari yang lainnya.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Live Streaming Server 1

LPPL Radio Multatuli FM

Current track
TITLE
ARTIST